PENGEMBANGAN GAME EDUKASI ONLINE PADA MATA KULIAH STATISTIKA
Keywords:
Game edukasi, Kahoot, StatistikaAbstract
Permasalahan yang ditemukan adalah proses pembelajaran yang monoton, menyebabkan mahasiswa cepat merasa bosan dalam belajar. Selain itu, terjadi perubahan metode belajar dari tatap muka menjadi daring yang lebih mengandalkan kemampuan visual dan literasi akibat pandemi Covid-19. Tujuan yang ingin dicapai tidak hanya merangsang pemikiran dan kreativitas anak, tetapi juga menjadikan game edukasi sebagai media pembelajaran yang interaktif dan menarik untuk menyampaikan informasi, pengetahuan, atau materi pelajaran. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D). Subjek penelitian melibatkan dua validator, yaitu ahli materi dan ahli desain/media, serta sejumlah mahasiswa dan seorang dosen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan game edukasi online sangat dibutuhkan, sehingga menjadi landasan dalam pengembangannya. Desain game ini didasarkan pada analisis kebutuhan dan uji kepraktisan, yang menunjukkan kualitas sangat baik. Berdasarkan pengembangan game edukasi online, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran merupakan faktor penting dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar mahasiswa. Terlebih, game merupakan hal yang disukai oleh peserta didik. Selain itu, pemanfaatan indera penglihatan dan pendengaran juga membantu mahasiswa dalam memahami informasi selama pembelajaran.