PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI MOBILE LEARNING PADA POKOK BAHASAN SUHU DAN KALOR
Keywords:
Pengembangan, aplikasi, mobile learning, media pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi mobile learning serta mengevaluasi kelayakannya melalui validasi oleh para ahli dan tanggapan pengguna. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model desain pembelajaran Borg and Gall. Proses dimulai dengan analisis kebutuhan dan karakteristik pengguna, dilanjutkan dengan perancangan aplikasi yang sesuai. Setelah dirancang, aplikasi divalidasi oleh enam ahli, terdiri atas ahli materi, media, dan teknologi informasi. Pada tahap implementasi, aplikasi diujicobakan kepada pendidik dan peserta didik. Tahap akhir berupa evaluasi dilakukan untuk merevisi produk berdasarkan hasil uji coba tersebut. Hasil validasi menunjukkan bahwa aplikasi memiliki kualitas sangat baik, dengan persentase kelayakan dari ahli materi sebesar 69,18%, ahli media 75,91%, dan ahli IT 82,71%. Sementara itu, hasil uji coba menunjukkan respon positif dari pengguna, masing-masing sebesar 90,37% oleh pendidik, 91,60% pada uji kelompok kecil, dan 90,16% pada uji lapangan. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa aplikasi mobile learning yang dikembangkan telah memenuhi kriteria sebagai media pembelajaran yang sangat layak.