PEMANFAATAN APLIKASI STUDIO POLOTNO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA DI SMK N 8 LHOKSEUMAWE
Keywords:
Studio Polotno, Media Pembelajaran, SiswaAbstract
Perkembangan teknologi di dunia digital tentunya sangat berkaitan dengan segala bidang kehidupan dalam masyarakat lebih khususnya dalam bidang pendidikan. Teknologi yang semakin canggih, dapat membuat anda dapat berkreasi tanpa harus memiliki skill tertentu maupun melakukan instalasi aplikasi, salah satunya dengan aplikasi Studio Polotno. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian diambil dari seorang guru dan 15 orang siswa, dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, menyusun kesimpulan dan pengujian efektifitas media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari validasi ahli materi mendapatkan kriteria sangat layak dengan persentase 95,38 %. Dan dari validasi ahli materi mendapatkan kriteria sangat layak dengan persentase 95 %. Desain media pembelajaran menggunakan aplikasi studio polotno dengan berbentuk video visual dengan ukuran 100 MB. Kemudian untuk respon dari siswa SMK N 8 Lhokseumaweterhadap pembelajaran menggunakan media pembelajaran TIK berbasis elektronik mendapatkan nilai persentase 92,31% dengan kategori sangat layak. Guru TIK setuju dengan adanya media pembelajaran berbasis elektronik, dengan adanya media pembelajaran elektronik membantu guru untuk membuat siswa lebih aktif dan cepat mengerti. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media berbasis elektronik sangat efektif digunakan untuk meningkatkan minat baca siswa SMK N 8 Lhokseumawe.