PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 8 LHOKSEUMAWE
Keywords:
Media Pembelajaran, Video, Hasil BelajarAbstract
Perkembangan teknologi saat ini mendorong perilaku manusia untuk cenderung bergeser dari cara konvensional ke modern. Salah satu teknologi yang berkembang cukup pesat adalah teknologi multimedia. Multimedia pembelajaran merupakan satu bentuk teknologi yang dapat dijadikan media alternatif dalam pembelajaran. Salah satu contoh teknologi multimedia yang menggunakan alat bantu komputer adalah macromedia flash player. Jenis Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen yang merupakan bagian dari penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian ini bertempat di yaitu sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 8 Lhokseumawe. Jadwal peneltian dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan bulan Juli 2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 8 Lhokseumawe. Sampel pada penelitian ini diambil dua kelas secara acak yaitu kelas X-I sebagai kelas eksperimen dan kelas X-II sebagai kelas kontrolnya. Teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling dan analisa data menggunakan uji T. Hasil tes yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan media video terhadap hasil belajar TIK membuat hasil belajar TIK pada kelas eksperimen lebih baik. Hal ini ditunjukkan dengan siswa kelas eksperimen yang mendapatkan nilai rata-rata pre-test 43,3 yang menunjukkan kemampuan awal siswa. Kemudian setelah diberi perlakuan pembelajaran dengan media video nilai rata-rata post-test menjadi 68,76. Setelah diberi perlakuan pembelajaran dengan media video ada peningkatan nilai rata-rata hasil belajar sebanyak 25,46. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengunaan media video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK.