TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS BAKTIYA KABUPATEN ACEH UTARA
Keywords:
Puskesmas, Kepuasan Pasien, Kualitas PelayananAbstract
Puskesmas merupakan fasilitas kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif. Hasil penilaian dari pasien terhadap pelayanan kesehatan dengan membandingkan apa yang diharapkan sesuai dengan kenyataan pelayanan kesehatan yang diterima disuatu tatanan kesehatan di puskesmas, pasien akan merasa puas di tentukan oleh kenyataan apakah pelayanan yang diberikan bisa memenuhi kebutuhan dan harapan pasien dengan menggunakan pandangan pasien tentang pelayanan yang diterima. Tujuan Penelitian, untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Baktiya Kabupaten Aceh Utara. Metode Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan populasi penelitian dengan sampel 237 responden, menggunakan instrumen menggunakan kuesioner. Hasil Penelitian di dapatkan tingkat kepuasan berdasarkan Aspek Tangibles atau nyata (63%), Emphaty atau empati (63%), Reliability atau keandalan (53%), Responsive atau ketanggapan (57%), Assurance atau jaminan (63%). Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian di dapatkan bahwa seluruh responden menyatakan cukup puas terhadap pelayanan di Puskesmas Baktiya Kabupaten Aceh Utara.